Mengajar Membaca Di Kelas I Sekolah

 

Gerakan Membaca – Dalam pembelajaran bahasa Indonesaia di Sekolah Dasar (SD), anda mengenal terdapat pembelajaran untuk ruang belajar tinggi dan pembelajaran untuk ruang belajar rendah.

Yang dimaksud dengan pembelajaran ruang belajar tinggi ialah pembelajaran untuk ruang belajar IV, V, dan VI. Sedangkan pembelajaran ruang belajar rendah mencakup pembelajaran untuk ruang belajar I, II, III.

Pembelajaran menyimak untuk ruang belajar rendah juga harus menemukan perhatian yang serius. Khususnya untuk ruang belajar I, guru mesti berhati-hati dan seksama dalam merangkai perencanaan sekaligus pelaksanaannya.

Hal ini penting sebab kelas I adalahfondasi untuk kelas-kelas berikutnya.

1. Gunakan Poster Alfabet

Poster alfabet adalahsalah satu media yang paling tidak sedikit digunakan oleh anak-anak guna belajar mengenal huruf. Ini adalahtahap mula untuk belajar menyimak dan menulis.

2. Pasang Target per Hari
Buatlah target per hari. Misalnya, dalam satu hari anak mesti dapat mengeja dua suku kata atau lebih…

3. Gunakan Media Gambar

Ajari anak menyimak kata demi kata dengan menggunakan pertolongan gambar. Gambar akan menciptakan anak lebih mudah menilik huruf dan kata yang dibaca.

4. Gunakan Bantuan Warna

Cara cepat belajar menyimak dan mencatat selanjutnya ialah menggunakan pertolongan warna, contohnya biarkan anak menyebutkan huruf-huruf dengan memakai warna-warna favoritnya sampai-sampai ia lebih gampang mengingat.

5. Gunakan Media Video

Video menjadi media belajar yang menyenangkan untuk anak. Berikan anak tontonan video tentang belajar menyimak dan menulis.

6. Rangsangan Orang Tua
Orang tua perlu menyerahkan rangsangan yang tepat. Misalnya, orang tua dapat menyebutkan suatu kata lantas meminta anak guna membacanya.

7. Diulang-ulang

Terus ulang ilmu menyimak dan mencatat anak supaya ia tidak jarang kali ingat dan semakin berpengalaman dari hari ke hari.

8. Belajar di Luar Ruangan

Ajak anak belajar menyimak dan mencatat di luar ruangan untuk meminimalisir rasa bosan.

9. Fasilitas cocok Keinginan Anak

Berikan kemudahan belajar menyimak dan mencatat sesuai dengan kemauan anak. Misalnya, berikan perangkat tulis yang lucu bergambar karakter kesayangan anak supaya dia lebih bersemangat.

Membaca merupakan kemampuan mengenal dan mengetahui tulisan dalam format urutan lambang-lambang grafis dan perubahannya menjadi wicara bermakna dalam format pemahaman diam-diam atau pengujaran keras-keras (Kridalaksana, 1993:135).

 

Leave a Comment